Dear Muslimah yang Pakai dan Lepas Hijab.... I got you

Assalamalaikum :D

Sebagai salah satu identitas muslim paling kasat mata, keputusan berhijab sering dipandang sebagai sesuatu yang hitam-putih. It's either 'all in' or 'not at all'. However, the thing is, tingkat kemudahan seseorang untuk memutuskan berhijab berbeda-beda. Ada sebagian yang dianugrahi kemantapan berhijab yang kuat, dan ada juga yang dianugrahi kemantapan berhijab disertai dengan keraguan dan pertanyaan tentang krputusan berhijab. Saya contohnya.

Sebagian yang dianugrahi keraguan dalam berhijab terkadang juga bisa mengalami masa mempertanyakan keputusan berhijab, bahkan melalui proses melepas hijab. Saya juga contohnya wkwkwk. Meskipun pada akhurnya akan ada pandangan dengan mata memicing yang bisa diterjemahkan sebagai, "loh gimana sih?"

Meskipun terkesan tidak istiqomah, proses pakai dan lepas hijab merupakan salah satu anugrah terbesar dalam perjalanan saya mengenal Islam. Saya belajar bagaimana segala sesuatunya, termasuk dalam mempelajari dan mengamalkan agama, tidak terbatas pada 'all in' or 'not at all', namun lebih pada sebuah proses.

Saya selalu tersenyum setiap kali mendengar cerita dari teman yang sedang berproses. Bagaimana mereka bertanya membuat saya kagum karena hal tersebut menunjukkan niat mereka untuk menemukan islam lebih dalam. Lucky you :)

Agama dan ilmu merupakan sesuatu yang sangat luas, bahkan seumur hidup tidak cukup untuk mengetahui apalagi memahami semuanya. We're never stop processing and learning, unless we decided to.

Dear sister diluar sana yang sedang berproses, selamat ya.. Anda sedang diberi kesempatan belajar dan berproses lebih dalam. Dan sister yang sudah diberi kemantapan berhijab, selamat pula Anda sudah diberi kemantapan hati. Semiga semuanya istiqomah hohoho

Amin ya rabbal alamin :D


Comments