Sekelumit Tentang Sunscreen (SPF dan PA)

Malem Queeners...

Setelah diguyur hujan berhari-hari disertai angin kencang, akhir-akhir ini Kotaku tercinta (Malang red.) lagi demen-demennya diguyur ama sinar mentari yang luar biasa nyengatnya. Kemana-mana selalu bawa tabir surya biar kulit terlindung dari sengatan sinar matahari yang tanpa kita sadari ternyata memberi dampak yang kurang sehat bagi kulit kita.

Bicara tentang tabir surya atau Bahasa Maduranya sunscreen pasti Queeners sering mendengar tentang SPF dan PA. Sebenarnya makhluk asing jenis apa sih mereka?



Tak kenal maka tak sayang, mari kenalan sama mereka :)

SPF (Sun Protection Factor) sebenarnya adalah ukuran seberapa kuat tabir surya yang kita pakai dapat melindungi kita dari paparan sinar matahari. SPF ini sering di salah artikan sebagai seberapa lama sunscreen kita dapat melindungi dari sengatan sinar matahari, padahal sebenarnya SPF sama sekali tidak ada hubungannya dengan lama waktu perlindungan.
Perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis sinar UV yang dipaparkan matahari : UVA dan UVB. sayangnya SPF disini hanya melindungi kita dari paparan sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Besarnya sinar UVB yang diserap pun berbeda-beda, tergantung besarnya angka SPF yang biasa tertera pada kemasan. Sebagai contoh SPF 15 melindungi hanya 93,3% sinar UVB; SPF 30 menyerap 96,7%; SPF 50 menyerap 98%.
SPF tertinggi yang disarankan adalah SPF 50. SPF yang lebih tinggi (70-100) memang menawarkan proteksi yang lebih baik, akan tetapi presentase perbedaannya hanya sedikit dan menyebabkan kulit kita terpapar lebih banyak bahan kimia yang pastinya tidak baik untuk kulit.
Puas bekenalan dengan SPF, mai kita beralih ke PA :)

Pernah liat tanda + yang ada di kemasan sunscreen? Penasaran dengan arti tanda itu? Usut punya usut ternyata tanda + menandakan tingkat perlindungan sunscreen terhadap sinar UVA yang ternyata efek membakarnya dapat menyebabkan kerusakan pada DNA dan meningkatkan risiko kanker kulit.
Tinggi rendahnya tingkat PA dapat diketahui dari jumlah tanda + yang tertera pada kemasan (PA+, PA++, PA+++, dll.). Semakin banyak tanda +, semakin tinggi tingkat perlindungan terhadap UVA :)


Nah, sekarang udah tau kan pentingnya menggunakan sunscreen tiap berkegiatan?
Pastinya selain melindungi kulit Queeners juga dapat membantu Queeners lebih sehat dan cantik.
So, rajin-rajin pakai sunscreen yah, Queeners :D

Comments