Movie Review: Hello Ghost (To love and forgive your family)


Assalamualaikum..

Hula hula Alhamdulillah akhirnya punya bahan lagi buat ngepost hahaha… kali ini mau review film korea judulnya Hello Ghost yang barusan aja selesai ditonton dan berhasil menumpahkan segenap air mata karena terharu sama endingnya huahuuuu…. What I like about this movie adalah pesan moralnya yang digambarkan secara gamblang dan mengena, which I will talk about it later.
Meski judulnya ada ‘ghost’nya tetap aja genre film ini sebenarnya comedy berbumbu sedikit drama. Berkisah tentang Kang Sang Man (Cha Tae Hyun) seorang yatim piatu yang ingin mengakhiri hidupnya karena bosan tinggal sebatang kara. Dia berencana mengakhiri hidup dengan membuat dirinya overdosis, ternyata usahanya gagal dan saat dia terbangun di rumah sakit dia bertemu dengan 4 hantu yang hanya akan pergi jika keinginan mereka dipenuhi.
Dalam petualangannya memenuhi keinginan para hantu ia bertemu dengan suster cantik di rumah sakit tempat dia dirawat bernama Hyun Soo. Berbeda dengan Sang Man, Hyun Soo masih memiliki ayah yang dia tidak sukai karena tidak pernah berada bersama ibunya di detik-detik terakhir ibunya.
Loncat ke akhir cerita Sang Man berhasil memenuhi keinginan keempat hantu dan meminta mereka pergi. Setelah mereka pergi ia kembali mencoba bunuh diri tetapi kembali tidak berhasil. Ia kemudian menemui Hyun Soo dan mengajaknya makan siang. Saat itulah tiba-tiba ingatan tentang masa lalunya muncul kembali. Ia tersadar bahwa keempat hantu yang selama ini mengikutinya ternyata adalah keluarganya yang meninggal dalam kecelakaan mobil yang berusaha memenuhi janji mereka yang belum terwujud kepada Sang Man. 


Sekian spoiler dari saya hahahah.. now jump to the moral lesson (the most interesting part I wanna share with youuu cJ

The thing I love the most about this movie adalah bagaimana kita diajarkan untuk bersyukur bahwa kita masih atau at least pernah memiliki sebuah keluarga. Keluarga itu tempat pertama kita berkembang dan akan selalu jadi tempat kita kembali. Keluarga adalah orang-orang pertama yang akan selalu mengedepankan dan memikirkan kita no matter what. I really like the line of the taxi driver (Sang Man’s Appa) where it goes: “… keluargalah yang akan selalu mendukungmu.” Dan dukungan itulah yang membuat seseorang bisa bertahan c:

Karakter Hyun Soo juga memberikan satu pelajaran untuk selalu menghargai anggota keluarga kita yang masih ada. Sebenci-bencinya kita pada keluarga kita mereka akan selalu mengingat dan memaafkan kita. Bahkan selalu mengusahakan dan menginginkan yang terbaik untuk kita. The ‘shoes scene’ menunjukkan betapa cintanya ayah Hyun Soo pada putrinya bahkan setelah ia dibenci olehnya di sisa hidupnya ia masih ingin putrinya tampak cantik dengan sepatu pemberiannya.

Point ketiga: “We are not alone. Our families are always in our heart.” Cinta keluarga itu bisa dibilang cinta sejati. Mau benci kayak apa juga pasti dimaafkan. Mau membenci kayak apa juga pasti mencintai. Wherever they are, even if they are in heaven or earth, they will always remain in our heart.

Last but not least adalah nilai bahaya merokok yang bahkan bisa mengancam keluarga kita -sendiri. Istri paman yang punya mobil mengidap kanker paru-paru karena terlalu sering menghisap asap rokok suaminya. Ia bahkan menghentikan pengobatannya karena demi anak yang dikandungnya. Rokok really is slow killer. They say merokok itu enak even they know the danger. Think about it again. Cigarette smoking are affecting not only the active one but also the passive one. dan bahayanya lebih besar untuk perokok pasif. Being more considerate to others by reducing or stop consuming rokok going to be a good choice. Karena kita bisa jadi lebih bahagia karena lebih sehat, dan orang disekitar kita juga sehat c:


Alrite, karena sudah malam dan harus tidur juga maka reviewnya diakhiri disini ya. Ingat, keluarga is our number one. mau ada teman, pacar, bestfriend, atau siapapun; keluarga will always be there for us. Kalau sekarang sedang senang bersama keluarganya, peliharalah kebahagiaan itu. Kalau sedang sebal, tell them the story and forgive c:


"Family are also human. They are the place of love and the place of mistakes. Love and forgive them, therefore that will be one way for you to be happy in life because they are the one who will be there for you c:"


Wassalam c:


Comments